Beranda | Artikel
Tidak Diperbolehkan Meminta-minta kecuali Tiga Golongan - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 17 September 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Tidak Diperbolehkan Meminta-minta kecuali Tiga Golongan

Islam melarang keras umatnya untuk meminta-minta kepada orang lain. Karena hal itu merupakan akhlak tercela, sedangkan jiwa seorang muslim itu mulia dan tidak suka mengharapkan uluran tangan dari orang lain. Namun, ada tiga golongan yang diperbolehkan untuk meminta-minta. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن المسألة لا تحل لأحد إلا لثلاثة : رجل تحمل حمالة فحلت له المسألة حتى يصيبها ثم يمسك، ورجل أصابته جائحة اجتاحت ماله فحلت له المسألة حتى يصيب قواماً من عيش، ورجل أصابته فاقة فقال ثلاثة من ذوي الحجى من قومه لقدأصابت فلاناً فاقة، فحلت له المسألة حتى يصيب قواماً من عيش

“Sesungguhnya meminta-minta itu tidak halal kecuali untuk salah satu dari tiga orang: Pertama, orang yang menanggung kerugian dalam mendamaikan (dua kabilah yang berperang), maka boleh bagianya meminta-minta hingga ia mendapatkan kecukupan untuk membeyar semuanya. Kedua, seseorang yang bangkrut, maka ia boleh meminta-minta hingga ia mendapatkan sesuatu yang mencukupi hidupnya. Ketiga, orang yang sangat fakir, dan disaksikan oleh tiga orang yang adil di kaumnya tersebut bahwa ia benar-benar orang fakir, maka ia boleh meminta-minta hingga mendapatkan kecukupan.”

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Tidak Diperbolehkan Meminta-minta kecuali Tiga Golongan

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/8259-tidak-diperbolehkan-meminta-minta-kecuali-tiga-golongan-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/